Skip to main content

PT Astra International Tbk

Hi, bloggies!

Kali ini saya ingin membahas tentang salah satu perusahaan ternama dan bergengsi di Indonesia yg bernama PT Astra International Tbk. Cukup miris untuk dibahas saat ini juga karena saya baru saja mendapat e-mail penolakan dari tim HRD nya.

Saya mendaftar dan mengikuti test ini sekitar awal Februari 2015 dengan mendaftar sebagai Accounting Analyst, akan tetapi e-mail undangan saya menyatakan bahwa saya akan di tes untuk posisi Management Trainee, saya pikir juga tidak ada salahnya untuk dicoba.
Di hari yg dijanjikan, sayang sekali hujan turun dengan lebatnya sehingga tes tersebut diundur hingga lusa dikarenakan kantor dari Astra International dilanda banjir cukup tinggi (kantornya di daerah Sunter dan memang langganan banjir).

Dua hari setelahnya, saya datang ke kantor Astra International pukul 6 pagi dan sudah sampai disana sekitar jam 7 pagi menggunakan taksi dan lewat jalan bebas hambatan (iya saya takut telat karena lokasi kantor yg cukup jauh dari rumah saya dibilangan selatan) dan rupanya sudah banyak juga kandidat lain yg ingin mengikuti tes yg sama dengan saya yg datang dari berbagai daerah. Wow.

Tepat pukul 8 pagi, dengan dituntun oleh salah satu HRD dari Astra, kami semua memasuki suatu ruangan besar untuk melangsungkan tes psikotes. Lalu, HRD tim memberikan presentasi singkat mengenai Astra International dan sekitar jam 9.15 pagi, psikotes dimulai.

HRD juga tidak lupa menyebutkan beberapa step yg harus dilewati oleh kandidat supaya bisa diterima menjadi karyawan Astra :
1. Psikotes
2. Focus Group Discussion (FGD)
3. Interview User & Presentasi
4. Panel Interview
5. Medical check-up
6. Offering letter

Saya akan menjabarkan secara detail proses nya sebagaimana dibawah ini :
1. Psikotest
Berdasarkan review yg sudah saya baca dari beberapa teman seperjuangan di beberapa blog, rata-rata mengatakan bahwa Astra mempunyai soal psikotes sendiri yg bernama ACCT (Astra Cognitive Test) yg isinya kurang lebih mirip dengan soal psikotes lain yg biasanya kita kerjakan, yaitu deret aritmatika, logika dan persamaan kata (yes you are right, tidak ada pauli & kreplin). Cuma memang saya akui bahwa soal dan jawaban dari psikotes ini agak menjebak.

Jika kandidat sudah menyelesaikan soal psikotes tersebut, maka dilanjutkan dengan tes kepribadian (saya setuju - saya kurang setuju & saya tidak setuju). Untuk tes ini lebih baik untuk jujur saja dengan diri sendiri karena nanti akan dilihat minat dan bakat saya ada dimana.
Jika dua tes tersebut sudah selesai, maka jam 11.30 siang, peserta diwajibkan mengambil makan siang dan juga air minum. Makan siang yg diberikan adalah roti cokelat dari d'stupid baker.

Kandidat diberi waktu dua jam untuk beristirahat, dan pengumuman kelulusan akan diberitahukan hari ini juga.

2. Focus Group Discussion (FGD)
Alhamdulillah, dari 42 kandidat yg dipanggil ke kantor Astra hari ini, hanya 7 orang yg lolos untuk jalur Management Trainee (dan saya salah satunya), ada beberapa yg dites kembali untuk posisi Accounting Analyst, dan ada beberapa yg kurang beruntung.
Saya menunggu giliran untuk FGD dari jam 1 siang sampai jam 3 siang dengan teman satu grup FGD saya (grup FGD ini ditentukan oleh tim HRD dan sudah ditempel di dinding pada saat pengumuman kelulusan psikotes awal). Satu grup terdiri dari 4 orang, saya yg satu-satunya perempuan dan 3 orang lainnya adalah laki-laki yg merupakan orang Bandung dengan background sarjana hukum.
Akhirnya, jam 3.35 sore, kami semua memasuki ruangan dan diberikan case study mengenai kemacetan Jakarta dan masing-masing dari kita harus mengurutkan solusi manakah yg terbaik dari 8 solusi yg diberikan untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, dan juga tidak lupa untuk memberikan justifikasinya. Setelah kurang lebih 10 menit waktu yg diberikan, lalu kami diberikan waktu untuk berdiskusi dan memberikan kesimpulan mengenai solusi tersebut.
Sedikit tips dari saya ketika menghadapi FGD :

- Jangan menjadi pemimpin di dalam grup tersebut (jangan terlalu ambisius, supaya tidak terlihat bossy)
- Jangan menjatuhkan lawan kawan (ingat, kamu harus menghargai jawaban dari teman satu grup kamu)
- Lebih baik memberikan saran ringan

3. Interview User dan Presentasi
Sekitar 3 minggu setelah FGD, saya harap-harap cemas, apakah saya dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Dan, benar saja, saya mendapat e-mail dari HR Astra yg menyatakan bahwa saya dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya (User interview & presentasi). Dan sekitar 1 bulan saya harus menunggu untuk mendapatkan jadwal user, setelah itu, kita diharuskan membuat presentasi dengan point-point sebagaimana berikut :

- Jelaskan HRD, finance dan marketing yg ada di Astra International secara general.
- Apa yg bisa ditingkatkan dari 3 team tersebut?

3 hari setelah dikirimkan e-mail tersebut, saya kembali datang ke kantor Astra dibilangan Sunter dengan menyiapkan semua jawaban yg ditanyakan oleh User dan sudah saya simpan dengan baik di flashdisk USB saya.
Lucunya, user tersebut menanyakan pertanyaan yg diluar kapabilitas saya untuk menjawab (atau saya yg kurang melakukan research?), sebagaimana berikut :

- Memangnya kamu tahu jumlah sparepart yg sudah dijual oleh Astra berapa banyak di tahun 2014?
- Memangnya berapa rata2 gaji orang Indonesia 2014?

Saya cukup kaget, karena pertanyaan tersebut tidak saya antisipasi sebelumnya. Akhirnya interview user selama satu jam tersebut usai dan saya diperbolehkan pulang.

Setalah itu, tidak pernah ada kabar lebih lanjut mengenai perusahaan ini.

Nb : Sekedar tambahan pertanyaan, salah satu teman dari grup FGD saya (hanya 2 orang yg lulus FGD dari grup saya; saya dan teman saya ini) diwawancara hal ini :

- Kamu mau naro barang itu dimana emang?
- Prosesnya gimana?
- Jalur distribusinya gimana?

Cukup susah rupanya untuk bisa masuk ke salah satu perusahaan ternama ini.
Untuk yg sedang dan akan mau tes disini, best of luck!


Comments

  1. Hai kak, aku mau tanya kalo FGD & interview di Astra in english atau bahasa indonesia ya? Atau gado-gado? Hihi, thanks jawabannya ya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. FGD dan interview di astra pake bahasa inggris aja, keliatannya perusahaan ini cukup nasionalis ya hehe.
      sama2 good luck :) sorry for the late reply

      Delete
    2. Bahasa indonesia kali ya kak maksudnya? ehehe
      Terima kasih artikelnya sangat membantu :)

      Delete
  2. Hai kak, aku mau tanya kalo FGD & interview di Astra in english atau bahasa indonesia ya? Atau gado-gado? Hihi, thanks jawabannya ya kak..

    ReplyDelete
  3. boleh nanya, waktu presentasi gunain bahasa inggris atau indo? Terus presentasi astra itu kita jelasin hr finance and marketing di astra gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu presentasi pake bahasa indonesia. iyes betul sekali yg endingnya pertanyaannya adalah nanya2 AUTO2000 jalur distribusinya gimana? sparepartnya gimana? dikira gue montir-montir cantik huf.

      Delete
  4. Perkenalkan saya Pras mba. Saya boleh minta contoh presentasinya mba? dan untuk presentasinya kita harus bahas semua ya (HR, Marketing, dan Finance) even saya cuma dari background finance misalnya? Makasih ya

    ReplyDelete
  5. Halo perkenalkan saya nita, boleh saya minta contoh presentasinya? Kalau boleh bisa dikirimkan ke catharinapuspa@gmail.com Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. boleh minta presentasinya mas ? kalau boleh bisa dikirimkan ke chandrawilysaputra.cws@mail.com terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana mas interview usernya AI??
      kira2 macam2 pertanyaan n presentasi nya seperti apa??

      Delete
    2. gimana mas interview usernya AI??
      kira2 macam2 pertanyaan n presentasi nya seperti apa??

      Delete
    3. Hi sorry banget for a late reply, aku baru ganti laptop awal tahun jadi udah ilang semua datanya karena aku pikir bener2 engga ada hubungannya sama apa yg dia tanya nantinya. Good luck ya

      Delete
  7. Boleh saya minta presentasinya ? Ke dhenisa28@yahoo.co.id?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for the late reply, tapi presentasinya udah hilang karena sempet ganti laptop, maaf ya :(

      Delete
  8. Boleh saya minta presentasinya ? Ke dhenisa28@yahoo.co.id?

    ReplyDelete
  9. Kak mau tanya apa kakak diberitahu pengumuman lolos atau tidaknya?

    ReplyDelete
  10. Hai..
    Mau tanya, apakah Bussiness Process Inovation itu sama aja dengan Management Trainee dan apakah tahap tesnya sama ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Grant Thornton Indonesia

Hi, bloggies! Topik kali ini sepertinya sudah lazim di kalangan remaja-remaja tanggung yg baru lulus kuliah terus mulai bertanya-tanya "duh nanti kerja dimana ya? kira-kira ngebantu karir gue ga ya kedepannya?". Dulu ketika saya baru lulus kuliah, saya pun mempertanyakan hal serupa "Dira mau jadi apa? Kerja dimana? Sebagai apa?". Jadi dengan bermodal ijazah kelulusan dan juga CV seadanya, saya mulai apply pekerjaan di perusahaan yg sesuai dengan minat saya. Salah satunya adalah Grant Thornton Indonesia. Background sarjana saya adalah akuntansi dari salah satu universitas di Australia, sehingga perusahaan yg terlintas pertama kali, sudah pasti PWC , Deloitte,  dan EY . Tetapi lucunya, saya malah tidak mendaftar ke salah satu perusahaan tersebut karena memang saya tidak mau bekerja sebagai auditor sebagai karir saya nantinya, karena sering sekali saya mendapatkan cerita bahwa menjadi auditor lebih banyak tidak enaknya daripada enaknya, dan ketika berdiskusi de

Prof. Dr. dr. Retno Widowati Soebaryo

Hi, bloggies! Setelah vacuum  selama 2 tahun karena hilang mood untuk nulis blog, baru kali ini akhirnya tertarik untuk menulis blog lagi . Kali ini topiknya agak sedikit centil, yaitu dokter kecantikan. Cerita bermulai ketika saya baru diterima di salah satu perusahaan di bulan April 2015, saya biasa berangkat bekerja menggunakan Transjakarta dan angkutan umum setiap hari, dan parahnya saya tidak mengenakan masker setiap kali bepergian. Bisa dibayangkan muka saya yg sudah pasti terkena debu, keringat, dan stress karena awal-awal beradaptasi dengan kerjaan baru. Lalu muncul jerawat batu yg cukup besar dan letaknya dibawah lapisan kulit dan sangat susah untuk hilang di pipi kiri dan kanan. Saya sudah pake Nexcare acne patch selama 8 jam dan hasilnya memang hilang, tetapi sayangnya kondisi pipi saya jadi berlubang. Akhirnya, saya memutuskan untuk ke dokter kulit di RS. MMC. Ada 2 dokter yg waktu itu saya incar, yg pertama dr. Maria, yg kedua dr. Retno. Berdasarkan info yg saya dap